Powered by Blogger.

Fungsi Hidrologis Hutan

Monday, September 30, 2013
Fungsi hidrologis di hutan sangatlah penting dan merupakan salah satu bagian dalam pelestarian hutan dan kawasan sekitar hutan. Salah satu terkait dengan fungsi hidrologis yaitu banyaknya tutupan lahan oleh pohon dalam satu kawasan hutan. Tutupan lahan oleh pohon (tutupan pohon) dengan segala bentuknya dapat mempengaruhi aliran air. Menurut Noordwijk, M.V. et al (2004) tutupan pohon tersebut dapat berupa hutan alami, atau sebagai permudaan alam (natural regeneration), pohon yang dibudidayakan, pohon sebagai tanaman pagar, atau pohon monokultur (misalnya hutan tanaman industri).

Pengaruh tutupan pohon terhadap aliran air adalah dalam bentuk:
  • Intersepsi air hujan
  • Daya pukul air hujan
  • Infiltrasi air
  • Serapan air
  • Drainase lansekap
Jadi, dampak umum dari konversi hutan dan atau perubahan tutupan pohon pada suatu bentang lahan dapat dipahami dari kombinasi dan interaksi berbagai proses tersebut di atas. (diklat)

1 comment:

  1. Pertamax, kunjungan perdana, dampak dari kurangnya melestarikan hutan lindung, air mengalir ke hilir lebih cepat, akibatnya banjir dimana-mana, mungkin investasi pemerintah harus di dahulukan sumber utama, kalau bisa urusan jalannya air perlu diperhatikan, jalan raya tetap rusak karena kurangnya perhatian terhadap jalannya air

    ReplyDelete