Powered by Blogger.

Tugu dan Monumen Yang Ada di Kota Singaraja

Monday, August 27, 2012
Jalan - jalan ke Bali bagian utara, tentu anda akan masuk ke Kota Singaraja, kota yang kental dengan nuansa sejarah ini sangat menarik dikunjungi bagi yang suka wisata sejarah dan tempat yang tenang. Jika anda sempat jalan - jalan seputar singaraja, anda akan melihat beberapa Tugu Sejarah yang terdapat di bagian sudut jalan kota. Tugu - Tugu bersejarah itu antara lain seperti :

Tugu Singa Ambara Raja

Saat kita berkendaraan ke Denpasar, atau dari Denpasar ke Singaraja,  akan melewati sebuah patung di tengah-tengah jalan, dikelilingi oleh kolam kecil yang berisi patung kecil lainnya, tepatnya di depan Kantor Bupati Kabupaten Buleleng. Tugu Singa ambara Raja ini juga merupakan lambang dari Kabupaten Buleleng.



Tugu I Gusti Anglurah Panji Sakti

Tugu ini terletak  berseberangan dengan pasar buleleng, juga dekat dengan Gedong Kertya, tidak jauh dari tugu Singa Ambara Raja sekitar 800 meter. Disekitar tugu ini tampak  taman kecil yang  asri, bersebelahan dengan  patung I Gusti Anglurah Panji Sakti juga ada patung  seekor gajah di depannya, tugu ini melambangkan semangat perjuangan  I Gusti Anglurah Panji Sakti melawan penjajahan yang ada di Singaraja.

Tugu Catur Muka

Tepat didepan  tugu I Gusti Anglurah Panji Sakti,  dikawasan seputaran ini juga terdapat tugu Catur Muka yang tepat letaknya tepat ditengah perempatan jalan.

Tugu Bima- Naga Baruna

Tugu ini terletak di pertigaan jalan udayana dan Jalan Sudirman Singaraja letaknya tepat di tengah - tengah pertigaan,  Tugu ini mengisahkan tentang  kesatria  pewayangan Bima dengan gagah berani  melawan Naga Baruna yang  dalam pertempuran itu pada akhirnya dimenangkan oleh Bima.


Tugu Pahlawan di Pelabuhan

Diatas Tugu terdapat sosok pejuang  merah putih yang memegang bambu runcing yang diikati dengan bendera merah putih, melambangkan simbol  perjuangan rakyat Bali melawan penjajah yang berlabuh di Pelabuhan buleleng.

Tugu Mekepung/ Karapan  Sapi

Meluncur ke arah barat kota Singaraja tepatnya di depan Pasar Banyuasri, terdapat Patung Mekepung  atau Karapan Sapi yang menunjukkan 2 orang yang berlomba karapan sapi. Hal melambangkan rasa semangat juang, budaya dan juga mengingatkan kita akan pentingnya peran serta sapi  dalam kehidupan di Bali.

Tugu Hanoman-Shinta

Tugu ini  mengisahkan  kepatuhan Hanoman yang diutus Rama untuk menjenguk Shinta di Negeri Alengka. Seperti dalam kisah diceritakan Hanoman membawa cincin yang diberi Rama sebagai pertanda
bahwa ia utusan Sang Rama.


Tugu Tri Yudha Sakti

Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti melambang sinbol perjuangan masyarakat buleleng melawan penjajahan,  nampak terlihat sosok tiga pejuang asal Buleleng yang berdiri tegap dan kokoh  yaitu Letkol Wisnu, Mayor Metra dan Kapten Muka. Di monumen tersebut juga terdapat diorama yang menjelaskan perjalanan perjuangan masyarakat Buleleng sejak jaman Panji Sakti hingga pertempuran dengan Belanda dan Jepang.

No comments:

Post a Comment