Powered by Blogger.

Suara Khas dari Tifa Totobuang

Monday, February 15, 2010
Tifa totobuang adalah sejenis bonang dari daerah Maluku biasanya di mainkan dengan iringan gendang dan Gitar. Musik ini berasal dari daerah Maluku dan merupakan alat musik asli maksudnya sama sekali tidak dipengaruhi budaya luar.

Tifa merupakan alat musik gendang dari kulit hewan dan bentuknya mirip dengan alat musik sejenis yang ada di Nusantara, sedangkan Totobuang adalah jajaran gong kecil yang terbuat dari perunggu dan mengeluarkan nada berbeda-beda setiap dipukul.

Peralatan musik dari Tifa Totobuang masing - masing memiliki fungsi yang berbeda namun saling mendukung satu sama lain hingga mengeluarkan warna musik yang khas secara umum didominasi  alat musik tifa yang terdiri dari tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jekir potong dan tifa bas ditambah dengan gong berukuran besar dan totobuang, yang merupakan serangkaian gong-gong kecil yang ditaruh pada sebuah meja, dengan beberapa lubang sebagai penyanggahnya.

Menurut beberapa info musik yang indah sudah jarang dinikmati boleh dikatakan langka, biasanya kita menjumpai musik ini hanya pada  event-event tertentu saja seperti : penyambutan tamu khusus, pertunjukan kesenian daerah Maluku diluar daerah atau di luar negeri serta pada acara-acara adat. Pemainnya pun umumnya merupakan pemain yang diajarkan secara turun-temurun oleh orang tua mereka.

No comments:

Post a Comment