Powered by Blogger.

Tari Kecak yang Eksotik

Tuesday, August 7, 2012
Beraneka ragam tarian yang ada di Bali, terasa berbeda dengan Tari Kecak, namun sepertinya tarian Kecak mungkin yang paling dramatis. Tarian yang menggambarkan kisah Ramayana, saat barisan kera membantu Rama  dalam penyelamatan Dewi Sita yang di culik Rahwana. 

Adalah puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Mereka memakai kain penutup kotak-kotak berbentuk papan catur, yang pada akhirnya kain kotak-kotak itu pun menjadi kain ciri khas Bali.
Tarian ini sebenarnya berasal dari ritual Sanghyang. Ketika menari, mereka dalam kondisi tidak sadar, dimana dalam kondisi itu diyakini mereka dapat berkomunikasi dengan Tuhan atau roh leluhur, guna menyampaikan harapan-harapan mereka. 

Tidak seperti tarian lain, tidak ada gamelan menyertainya. tarian yang ditarikan  oleh banyak puluhan atau lebih para penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu dan sambil menyerukan “cak - cak”, dengan mengangkat kedua lengan. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak yang melingkari pinggang mereka

No comments:

Post a Comment